Salam semangat buat Guru-guru dan Tenaga Kependidikan. Pernah atau sedang mengalami pada ketika mau login di SIMPKB (Sistem Inoformasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) muncul "userID dan password yang anda masukkan tidak sesuai"?
userID dan password yang anda masukkan tidak sesuai di SIMPKB |
Permasalahan ini sedang admin alami, hari ini admin ingin melaksanakan cek Validasi Info GTK salah seorang guru di sekolah admin. Namun, pada ketika login (username dan password) muncul pemberitahuan userId dan password yang anda masukkan tidak sesuai.
Admin mencoba berulang kali login, namun hasilnya tetap sama tidak sanggup login. Awalnya resah apa yang harus dilakukan, tapi alhamdulilah sesudah admin oprek tombol atau kemudahan yang telah disediakan di SIMPKB hasilnya balasannya admin sanggup juga melaksanakan login di SIMPKB.
Gambar. Berhasil Login Masuk di Halaman Utama SIMPKB |
Baiklah, bagi rekan sekalian yang membutuhkan informasi atau solusi bagaimana cara biar sanggup login di SIMPKB, berikut ini admin bagikan solusinya.
1. Silahkan jalan masuk halaman SIMPKB, link jalan masuk sebagai berikut:
Selanjutnya, silahkan isikan username dan password.
2. Pada ketika login, muncul notif userID dan password yang anda masukkan tidak sesuai menyerupai berikut ini.
Untuk mengetahui kesalahan pada ketika login, apakah username yang tidak sempurna atau password, silahkan ikuti langkah berikut ini.
Silahkan klik Lupa Password yang terdapat di halaman Login SIMPKB.
Masuk di halaman Lupa Kata Sandi.
Silahkan isikan username pada ketika login serta captcha yang muncul. Kemudian klik Submit.
Berikut ini admin telah mengisi Email dan Captcha.
Kemudian muncul hasil menyerupai gambar dibawah ini, disini kita sanggup melihat ternyata yang menciptakan kita tidak sanggup login itu ialah "Email yang diinputkan salah".
Terus, bagaimana solusinya admin...Kami sudah melaksanakan login berulang kali, tapi tetap gagal login SIMPKB.
Jangan khawatir rekan semuanya. Harus kita ketahui,
Contohnya:Email login yang dipakai pada ketika login di SIMPKB ialah No. Peserta UKG guru masing-masing, yang ditambahkan dengan akhiran @guruku.id
No. UKG = 201502796604
Jadi Email untuk login di SIMPKB = 201502796604@guruku.id
Gini, admin kami sudah gak sanggup jalan masuk SIMPKB terus No. UKG juga tidak tahu, bagaimana caranya kami untuk memilih No. UKG tersebut?
Baca Disini : Cara Mencari No. Peserta UKG Guru
Di halaman Login SIMPKB, silahkan klik pada Registrasi Akun.
Masuk di halaman Registrasi Akun, silahkan klik Cari No. UKG>>
Masuk di halaman Pencarian Data GTK, Silahkan isikan:
- Nama GTK
- Provinsi
- Kabupaten
Jika sudah, silahkan klik Cari GTK.
Hasilnya menyerupai berikut ini.
Jika sudah menemukan No. UKG guru, silahkan copy No. Peserta UKG dan pastekan di Email Login SIMPKB dan tambahkan balasannya ........@guruku.id (Titik ialah No. Peserta UKG).
Alhamdulilla balasannya admin kembali sanggup login di akun SIMPKB, sehingga sanggup kembali melaksanakan cek salah satunya Validasi INFO GTK.
Seperti yang telah admin jelaskan diatas apabila kesalahan Loginnya alasannya ialah Email salah silahkan ikuti langkah diatas, terus bagaimana jikalau kesalahan loginnya di Password?
Silahkan jalan masuk halaman: https://paspor.simpkb.id/casgpo/password
Setelah berhasil jalan masuk halaman tersebut, silahkan isikan Email dan Captcha, kemudian klik tombol Kirim.
Tampil Informasi : Hubungi Admin Guru Pembelajar di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admdin P4TK atau Ketua MGM/KKG/GUGUS Taman Kanak-kanak di wilayah kerja masing-masing, untuk meminta Reset Password.
Jadi sanggup disimpulkan untuk melaksanakan Reset Password tidak sanggup dilakukan oleh Guru sendiri ataupun Operator Sekolah, tapi harus melalui Admin Dinas atau P4TK, Ketua MGMP/KKG/Gugus TK.
Demikianlah informasi yang sanggup admin bagikan, semoga sanggup menunjukkan solusi buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data.